Minggu, 22 Februari 2009

KREATIVITAS perancang busana dalam menampilkan inovasi unik terealisasi melalui sentuhan karyanya. Semua dalam upaya memperkaya khazanah dunia fesyen.

Seperti terobosan yang dilakukan oleh Chenny Han, perancang gaun internasional dalam rancangan terbarunya. Chenny membuat inovasi gaun pengantin Eropa dengan detail motif berlubang yang dalam pengerjaannya memiliki kesulitan tingkat tinggi. Secara kasat mata, hasil tersebut tidak terjangkau jika dilakukan dengan teknik konvensional, seperti dengan gunting.

"Saya menampilkan laser motif desain sehingga bisa diubah menjadi tiga dimensi. Dalam waktu tiga pekan saya mampu merealisasikan gaun pengantin sebanyak 12 model dengan pemotongan sangat akurat 0,01 mm dan sangat cepat," ujar Chenny usai acara peluncuran karyanya bertajuk "Laser Me Beautiful", di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (19/2/2008) sore.

Dengan memanfaatkan sinar laser yang diimpor dari Italia, Chenny tidak hanya bebas berkreasi saat memotong, tapi juga membuat motif desain yang rumit. Kemudahan tersebut juga didapat melalui sistem komputerisasi.

"Teknik pemotongannya seperti kalau kita mau ke dokter kulit. Jadi, kain yang ingin digunakan dibentangkan di atas meja lalu desain motif diatur secara komputerisasi sebelum akhirnya motif itu disinarkan di atas kain yang ingin dipotong," paparnya.

Ditambahkan Chenny, mesin pemotong laser ini memudahkan para pekerjanya melakukan pemotongan yang tergolong rumit. Tentunya juga memungkinkannya untuk menawarkan harga gaun yang terjangkau bagi calon pengantin dengan pilihan yang tidak berkutat pada bahan brokat. (ftr)
(tty)
Foto: Heru Haryono/Okezone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar